Brilio. net – Film animasi sering kali hanya dianggap sebagai tontonan biasa. Padahal, beberapa hidup animasi lahir dari lakon nyata. Bahkan beberapa sejarah tersebut terasa pilu & dapat meneteskan air gegabah.

Tidak hanya itu, hidup animasi juga ada dengan berasal dari kisah perjuangan tokoh atau sebuah peristiwa penting yang diingat oleh banyak orang. Seperti hidup animasi Mulan yang menyingkapkan perjuangan prajurit perempuan Tiongkok atau film Battle of Surabaya yang menceritakan memori perjuangan pada 10 November 1945.

Nah, film-film sejenis itu mampu menjadi tontonan menarik sekali lalu menjadi tontonan yang edukatif. Penasaran apa saja?

Dilansir brilio. net lantaran berbagai sumber pada Selasa (27/7), berikut 7 film animasi yang terinspirasi daripada kisah nyata penuh haru dan perjuangan.


satu. Luca (2021).

foto: imdb. com

Luca adalah film animasi dewasa dengan terinspirasi dari kehidupan Enrico Casarosa, sutradara dari film ini. Premis film tersebut dibuat setelah Enrico bersemuka sahabatnya dan mengalami perubahan sejak saat itu.

Film ini menceritakan petualangan musim panas yang dilakukan oleh Luca Paguro, seorang bocah monster laut dengan punya kemampuan mengambil wujud manusia saat berada dalam daratan. Ia bersama saudara barunya, Alberto Scorfano kabur menjelajahi kota Portorosso.

Perjalanan tersebut banyak mengubah etik mereka dan membina mereka lebih bijak menjalani kehidupan. Film ini sempurna dengan hal yang inspiratif.

2. Onward (2020).

foto: imdb. com

Film animasi Onward merupakan film yang diproduksi oleh Disney & Pixar. Film Onward diadaptasi dari kisah masa kecil Dan Scanlon yang tak lain adalah sutradara hidup ini.

Saat sedang kecil, Dan Scanlon dan kakaknya belum pernah tahu ayahnya karena sudah meninggal saat ia belum sempurna satu tahun. Ia serta kakaknya pun mengumpulkan seluruh informasi tentang ayahnya, tiba dari foto, rekaman pandangan hingga dalam bentuk cerita dari orang terdekat ayahnya.

Film ini menyingkapkan perjuangan dua orang bersaudara yang mencari ayahnya yang belum pernah dilihatnya. Selain itu, film ini serupa menampilkan sosok ibu dengan telah menguatkan dua karakter bersaudara tersebut.

3. Bilal: A New Breed of Hero (2015).

foto: imdb. com

Bilal: A New Breed of Hero ialah film animasi Arab berbahasa Inggris yang menceritakan kesibukan Bilal bin Rabah, muazin pertama dalam sejarah Islam. Bilal dikenal dengan suaranya yang indah, seorang yang kabur dari perbudakan, serta menjadi salah satu saudara Nabi Muhammad Saw.

Awalnya, Bilal merupakan pembantu asal Ethiopia yang menuruti masuk Islam. Namun, alternatif tersebut ditentang oleh majikannya. Bilal berpegang teguh kalau ia telah memilih barang apa yang dianggapnya benar. Penyiksaan Bilal berhenti saat dia dimerdekakan oleh Abu Menjilat, salah satu sahabat rasul.

4. Battle of Surabaya (2015).

foto: imdb. com

Battle of Surabaya merupakan film animasi sejarah Indonesia yang diangkat dari kisah saat perang 10 November 1945. Film ini menceritakan petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu, yang menjadi kurir informasi bagi para pejuang dan TKR di Surabaya saat ia mendapatkan data bahwa Hiroshima dan Nagasaki telah dibom atom.

Peristiwa tersebut sekaligus menjelma tanpa kekalahan Jepang serta menyerahkan diri kepada Sekutu. Namun, kedatangan Sekutu di Surabaya diboncengi oleh Belanda yang ingin kembali berpengaruh di Indonesia. Walau tampil dengan tokoh fiksi, rentetan peristiwa yang ditampilkan dalam film animasi ini merupakan kisah nyata yang ditelusuri.

5. Up (2009).

foto: imdb. com

Up merawikan kehidupan seorang duda sampai umur bernama Carl Fredricksen (Ed Asner) dan seorang bujang laki-laki bernama Russell (Jordan Nagai). Ia bersama anaknya berusaha keras untuk menegakkan rumah yang mereka tinggali di tengah-tengah gedung pencakar langit yang mengimpitnya.

Sebuah peristiwa yang Carl tidak sengaja lakukan membuatnya harus meninggalkan rumah dengan telah penuh kenangan mendiang istrinya itu. Namun, ia tetap menolak dan ingin memenuhi janjinya untuk lari ke Paradise Falls dan mengubah rumahnya menjadi pesawat darurat yang menggunakan beribu-ribu balon.

Kisah Carl ini terinspirasi dari sejarah nyata seorang nenek bertanda Edith Macefield yang menumpukan menjual rumahnya meski ditawar mahal hingga USD 1 juta. Di rumah tersebut, Edith menghabiskan masa-masa tuanya sampai akhirnya meninggal di dalam 2008. Rumah tersebut belakangan dirawat oleh Greg Pienno, salah satu dari bagian keluarganya.

6. Hey Arnold the Movie (2002).

foto: imdb. com

Hey Arnold the Movie merupakan hidup animasi yang diadaptasi sebab serial animasi dengan tajuk yang sama. Cerita Arnold sebenarnya adalah berasal dibanding kisah nyata seorang bani berusia 9 tahun dengan hidup dalam dunia imajinasinya sendiri.

Arnold menderita penyakit Hydrocephalus atau pembengkakan kepala akibat gangguan cairan dalam otak sehingga patokan kepalanya tidak sempurna. Arsitek kakek dan nenek pada film merupakan gambaran kedua wali kandungnya di dunia nyata.

7. Mulan (1998).

foto: imdb. com

Mulan merupakan film animasi dengan diadaptasi dari prajurit rani legenda Tiongkok, Hua Mulan. Selain itu, animasi tersebut kemudian menjadi sebuah adaptasi live-action yang disutradarai sebab Niki Caro dan dirilis pada 4 September 2020.

Film ini menuturkan pengorbanan anak seorang bani perempuan yang beranjak masa untuk menggantikan posisi ayahnya yang wajib ikut perang. Mulan pun berangkat baik tanpa persetujuan keluarganya dengan tidak membolehkan perempuan untuk ikut berperang. Mulan juga mulai mengikuti fase latihan prajurit kerajaan dan sampai saat perang berlangsung.

Recommended By Editor