Brilio. net – Nama komika, Arie Kriting menjadi sorotan umum usai menyampaikan pendapatnya menghantam Nagita Slavina, yang ditunjuk sebagai Duta Pekan Olahraga Nasional alias PON XX Papua. Belum lama ini memang beredar pemberitaan menimpa Nagita Slavina yang memakai pakaian adat Papua. Pas seperti orang pada umumnya, Arie merasa ada dengan janggal. Sebab, Duta PON XX Papua bukan lantaran kalangan orang Papua sendiri.

Suami Indah Permatasari tersebut berharap posisi Nagita mampu digantikan oleh perempuan asli Papua. Seperti yang disampaikan Arie Kriting lewat Instagram dan Twitter, menunjuk Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua dapat membakar terjadinya cultural appropriation (Pengambilan budaya yang dilakukan sebab orang-orang kulit putih tempat budaya dari negara-negara asing yang dianggap sebagai negeri yang bisa didominasi). Adam berusia 36 tahun tersebut berharap perempuan Papua lah yang berhak atas peristiwa itu.

“Sebenarnya sudah sejak pangkal saya merasa ada dengan janggal dengan hal tersebut, tetapi saya menunggu tanggapan dari saudara-saudari asli Papua terkait dengan hal ini, ” Prawacana Arie Kriting.

“Penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua ini memang pada kesimpulannya dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation. Seharusnya sosok perempuan Papua, direpresentasikan langsung oleh perempuan Papua, ” sambungnya.


foto: Instagram/@arie_kriting

Arie Kriting tidak mengacaukan sepenuhnya mengenai pemilihan yang dianggap janggal ini. Dia masih menanggapi dengan berbudi bahwa istri Raffi Ahmad punya kompetensi untuk mendatangkan sosialisasi PON XX Papua.

“Tapi kita juga menyadari bahwa kapabilitas Kak Nagita dalam mendatangkan misi sosialisasi untuk PON XX Papua ini sangat dibutuhkan, ” ujar Arie.

Tak hanya sekedar berkoar-koar tanpa adanya penyelesaian. Sebagai seorang yang kurang setuju, Arie memberikan penyelesaian untuk permasalahan atau isu PON XX Papua itu.

“Solusi daripada saya, Duta PON XX Papua harus tetap hawa Papua. Angkat lagi satu diantara sosok perempuan Papua, @mikhelia atau @nereputri atau sapa yang dirasa memadai, ” ujarnya.

“Tokoh Perempuan Papua ini bisa mendampingi kaka Boaz Solossa sebagai Caraka PON XX Papua, ” sambung Arie.

foto: Instagram/@arie_kriting

Seperti yang disampaikan pada atas, Arie Kriting meminta ada satu perempuan asli papua yang bisa mengiringi Boaz Solossa sebagai Duta PON XX Papua. Tempat pun memberikan masukan agar Nagita Slavina dan Raffi Ahmad bisa diposisikan sebagai sahabat duta PON XX Papua.

“Kakak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bisa diposisikan jadi sahabat Duta PON XX Papua karena jelas, kekuatannya untuk mendorong sosialisasi PON XX Papua ini sangat dibutuhkan. Menurut saya secara kehadiran sosok Perempuan Papua sebagai Duta PON XX Papua, akan menghindarkan terjadinya Cultural Appropriation dan menjelma sinyal baik bagi pengakuan kita atas keberagaman Indonesia, ” Arie Kriting menjelaskan.

“Pada akhirnya nanti kesuksesan PON Papua tidak hanya tercapai secara pelaksanaan event, tetapi juga sukses menjelma perekat kesatuan bangsa. Yuk kita tunjukkan dan banggakan keberagaman kita sebagai Marga Indonesia. Salam sayang buat semua, ” pungkas Arie Kriting.

Recommended By Editor