Brilio. net – Cantik, muda, dan berprestasi, begitulah ungkapan yang sopan diberikan untuk sosok mahasiswi bernama Maya Nabila. Dara kelahiran Padang, 9 Mei 1999 ini bikin heran karena sosoknya yang inspiratif. Bagaimana tidak, ia terekam sebagai mahasiswi S3 termuda Institut Teknologi Bandung (ITB) di usia 21 tahun.

Sebenarnya nama Maya Nabila sudah hangat menjadi percakapan publik pada Januari 2021 lalu. Namun cuitannya di Twitter belum lama ini diunggah di salah utama laman Instagram pemburu beasiswa. Sosoknya pun kembali mengambil perhatian dan mendapatkan penghargaan dari warganet di kolom komentar.

foto: Instagram/@infopemburubeasiswa

Prestasi Imajiner memang luar biasa, menetapi kebanyakan mahasiswa berusia 21 tahun umumnya masih mengenyam pendidikan di bangku kuliah atau baru menyelesaikan pendidikan Strata-1 (S1). Rupanya, Tanwujud memasuki jenjang SD di usia yang sangat bujang, yakni lima tahun. Leler tersebut memang setahun ataupun dua tahun lebih cepat dibanding anak lainnya.


Lalu saat memasuki masa SMA, ia mengambil program akselerasi. Imajiner pun hanya butuh besar tahun saja sebelum akhirnya dinyatakan lulus dari amben SMA. Setelah itu ia berhasil masuk ke Universitas Andalas. Disana, ia mengambil prodi Matematika. Studi S1 nya diselesaikan kurang dari 4 tahun.

foto: Instagram/@mayanabila_

Setelah menyelesaikan S1 di Universitas Andalas, Maya Nabila lalu melanjutkan S2 di ITB. Dia mendapatkan beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti. Dia juga mengaku bahwa dirinya suka belajar. Hal itu juga dikarenakan faktor lingkungan keluarga, dimana sang abu juga sudah menyelesaikan studi S3.

“Sejak dari dulu aku dasar suka belajar hal mutakhir dan alhamdulillah ada jalan lanjut S2/S3 dengan rencana PMDSU, mungkin juga ada faktor lingkungan keluarga, soalnya papa juga kuliah datang S3, ” ucap Maya kutip brilio. net dari laman itb. ac. id pada Senin (28/6).

foto: Instagram/@mayanabila_

Lalu pada April 2021 lalu, Maya mencurahkan perjuangannya ketika menempuh pendidikan S2.

“Mau curhat sedikit boleh ya.

Awalnya senang banget pas keterima S2 di ITB tarikh 2019, makin senang karna dapat beasiswa PMDSU. Akan tetapi…. mungkin karna dulu ramal lalai, awal2 kuliah agaknya berat banget.

Berkali2 mikir apa nyerah aja ya, kayaknya aku gak bisa, tapi ya gapernah aku lakuin untungnya, makasih buat semua teman & kaka2 yang selalu setia dengerin keluh kesah serta tetap support serta bantuin aku belajar heheu.

Sempat sedu, baru juga kerasan dan bisa nyesuain ritme membiasakan di ITB, eh tau2 malah ada pandemi (covid-19). Maret 2020, pulang ke rumah makin stress gabisa belajar dengan baik, kemaluan 2-3 bulan baru aku bisa dapat cara bersekolah yang benar. Sayang banget sama mama papa dan adik2 yang selalu sabar ngadepin moody nya beta dan terus dukung ego tanpa membebani apa2, ” tulisnya.

Namun ia mengungkapkan mengecap syukurnya dapat menyelesaikan pelajaran S2 di ITB dan bahkan lanjut ke tinggi S3.

“Alhamdulillah, akhirnya bisa nyelesain menuntut S2 dan bahkan oleh sebab itu juga lanjut S3 hehe. Gak sampai disitu, tiba2 jadi rame berita diri karna masuk website ITB. Ya Allah, rejeki itu bener2 unpredictable, datang disaat aku sudah kasih seluruh usaha kemudian berserah muncul sama Allah, ” lanjutnya.

foto: Instagram/@mayanabila_

“Emang udah paling benar, melibatkan Allah dalam di setiap tahapan hidup kita. Makasih juga buat semua kepanitiaan atau kampus yang tau2 hadir tahun ini untuk memberi aku berbagai pengalaman baru dan kasih jalan untuk sharing. I know this is not the end, aku usahain berikan lebih dan lebih bagus lagi hingga S3 ku selesai dengan baik juga. Kemudian bisa menjadi bani adam yang bisa bermanfaat untuk sekitarnya, ” pungkas Maya.

Saat ini Maya Nabila diketahui menjemput program studi Matematika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB. Ia tercatat sebagai mahasiswi termuda pada jenjang pelajaran Strata-3 (S3) ITB dalam PMB ITB Tahun Akademik 2021/2022 di usia 21 tahun.

foto: Instagram/@mayanabila_

Sosoknya yang inspiratif ini pun membuatnya begitu diidolakan. Bahkan laman Instagramnya kini telah diikuti bertambah dari 40 ribu followers. Kolom komentar unggahan Imajiner juga sering dibanjiri kalimat pujian oleh warganet.

“Ya Allah Smga aku bisa Kaya Kaka, ” tulis @galleryputhree_.

“Cantik, pinter, berpendidikan tinggi. Masyaallah. Idaman para laki2 sejati semoga bisa seperti beliau, ” imbuh @mams. nov.

“Kewren banget ka, ” ucap @erinaaaprr.

Recommended By Editor