Brilio. net kacau Indonesia ternyata tidak hanya dikenal sebagai produsen kotor plastik kedua terbesar di dunia yang dibuang ke laut setelah China. Namun berdasarkan data BAPPENAS per 2018, Indonesia juga berada di posisi kedua sebagai produsen sampah makanan terbesar di dunia.    

Padahal bukti Riset Kesehatan Nasional (Riskesdas) 2018 menyebutkan, angka stunting (pertumbuhan yang terhambat karena kurangnya nutrisi) di Indonesia berada di 30, 8%. Angka ini masih jauh sebab standar WHO yaitu 20%. Pada satu sisi masih banyak karakter kekurangan gizi, tapi di sisi lainnya justru tak sedikit sasaran terbuang percuma. Miris banget kan.  

Kondisi itu membuat sekelompok orang tergerak hatinya untuk mengelola makanan berlebih tersia-siakan (food waste) yang tinggi dan pentingnya asupan nutrisi di Nusantara. Mereka membentuk Wonder Food Indonesia, pada 1 Maret 2019 lalu, sebuah yayasan sosial yang memiliki kepedulian terhadap isu food waste dan pentingnya asupan nutrisi.


“Di Indonesia isu tersebut masih jadi pekerjaan rumah kita semua, kesenjangan antara orang dengan susah mendapatkan makanan bernutrisi, dengan orang yang suka menyia-nyiakan sasaran masih besar. Apalagi dampak dari kurangnya konsumsi makanan bernutrisi bagi anak-anak adalah hal yang benar-benar yaitu terkait pertumbuhan fisik serta intelegensi, ” jelas tim Wonder Food Indonesia.

Loading…


Nah serupa apa aksi para aktivis Wonder Food Indonesia untuk mengurangi level food waste sekaligus menyalurkan sasaran bernutrisi serta bergizi kepada klub yang membutuhkan? Berikut faktanya.

1. Jalankan dua misi utama

Dalam melakukan aksinya, Wonder Food Indonesia menjalankan dua misi utama yaitu Reduce Food Waste dan Nourish the Country. Zona Reduce Food Waste merupakan cara food rescue, kegiatan menyelamatkan benih makanan berlebih yang bernutrisi & masih layak konsumsi, namun berpotensi disia-siakan.

Tatkala Nourish the Country merupakan cara kelompok ini berkontribusi untuk meningkatkan konsumsi nutrisi, dengan menyalurkan sasaran bernutrisi dan bergizi kepada klub.

2. Menggandeng pihak lain

Dalam menjalankan misi tersebut, Wonder Food Indonesia menggandeng pihak lain yang bersedia mendonasikan objek makanan berlebih yang bernutrisi. Seluruh prosesnya dibantu para aktivis Wonder Food Indonesia dan volunteer.

“Kami mau approach pihak-pihak pemilik bahan sasaran berlebih dan yang berpotensi disiasiakan. Nantinya donasi dari mereka mau kami pilih untuk memastikan balik kualitasnya. Jika sudah tersortir, ana akan mengolahnya menjadi makanan sampai yang bernutrisi. Makanan matang itulah yang akan kami distribusikan ke beberapa lokasi di Jakarta, ” ujar tim Wonder Food Indonesia.

3. Selain makanan, bagikan sayuran hijau juga loh

Selain mendistribusikan makanan ke kira-kira lokasi untuk warga yang membutuhkan, Wonder Food Indonesia juga membagikan sayuran hijau ke sekolah gawat, panti werdha, yayasan dan tempat asuhan. Kelompok ini akan menghitung jumlah orang di tempat itu untuk menghindari berlebihnya sayuran muda yang diberikan.

4. Sambut Hari Kesehatan Nasional 2020

Nah dalam menyambut Keadaan Kesehatan Nasional 2020 ke-56 di 12 November, Wonder Food Nusantara akan membagikan paket dan tujuan makanan kepada sejumlah panti yang membutuhkan. Selain akan mendonasi bahan makanan seperti beras, snack serta lain–lain, ada juga alat kesehatan tubuh seperti masker, hand sanitizer, awahama dan sabun cuci tangan.

5. Menganjurkan masyarakat jangan mubazir makanan

Wonder Food Nusantara mengajak masyarakat memiliki kebiasaan menghargai makanan dan tidak menyia-nyiakannya teristimewa. Selain itu diharapkan masyarakat Nusantara bisa lebih sadar kalau nutrisi dan gizi itu penting pertama bagi anak-anak. Karena itu sepantasnya kamu bisa menghitung ketika mengambil bahan makanan atau makanan matang sesuai dengan kebutuhan agar nggak ada lagi yang tersisa. Jika berlebih, sebaiknya ya dibagi ke orang lain daripada mubazir.

Hingga saat ini Wonder Food Indonesia telah mencatu makanan bernutrisi dan berbagi sayuran hijau ke 15 lokasi pada setiap minggunya. Total bahan makanan yang telah diselamatkan yaitu 89. 962 Kg dan sebanyak 186. 342 porsi yang berhasil didistribusikan.

Yuk mulai saat ini hargai makanan yang kamu penggunaan.

Recommended By Editor