Brilio. net – Pandemi Covid-19 berdampak buruk untuk industri musik Tanah Cairan. Terutama event-event off minuman seperti konser musik yang biasanya digelar tiap tahun terpaksa harus vakum. Namun para promotor musik tidak mau menyerah begitu sekadar, mereka terus berupaya buat tetap menyajikan konser musik meski digelar secara online.

Salah satunya adalah event Prambanan Jazz Festival (PJF). Event ini merupakan perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

Perhelatan yang perdana kali digelar pada 16 Oktober 2015 ini memadukan festival musik jazz internasional dan warisan agung sejak Candi Prambanan.

Masih di tengah pandemi seperti tahun lalu, event Prambanan Jazz Festival kembali digelar dengan konsep virtual, bertajuk Prambanan Jazz Virtual Pesta 2021.


“Setelah permufakatan dengan tim dari Rajawali dan Prambanan Jazz, kita putuskan Prambanan Jazz Hajatan harus ada. Kita menentang menyerah dengan keadaan, ” kata Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz dalam konferensi pers maya, Anas Alimi baru-baru tersebut.

Lantas seperti apa yah keseruan Prambanan Jazz Festival tahun ini? Berikut rangkumannya.

1. Jadwal gelaran event Prambanan Jazz Festival

foto: Prambanan Jazz

Event Prambanan Jazz Festival rencananya bakal digelar pada 11-12 September 2021 mendatang.

2. Menggaet musisi kawasan

foto: Instagram/@prambananjazz

Tahun ini Prambanan Jazz Festival menggelar sebuah program yang spesial bertajuk ‘Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival’. Rencana ini dimaksudkan untuk memeriksa musisi-musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

3. Tiba pendaftaran

foto: Instagram/@prambananjazz

Pendaftaran ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival” sudah dibuka sejak 23 Juli 2021 dan akan berlangsung mematok tanggal 15 Agustus 2021.

4. Kondisi pendaftaran

foto: Instagram/@prambananjazz

Peserta ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival’ adalah musisi atau band yang berdomisili di Kalimantan yang bertemu dengan karakter festival musik.

Para peserta itu diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa Video Musik atau Video Live Session. Pemenang yang terbatas untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinil.

5. Penilaian juri

foto: Instagram/@prambananjazz

Dikarenakan masih dalam status pandemi, penjurian para peserta akan dilakukan secara online. Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival dan akan terpilih maksimal 100 peserta ulung. Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara. Di Babak 1 video pengikut yang sudah disubmit mau langsung ditayangkan pada saluran YouTube i-Konser Channel semasa periode 6-21 Agustus 2021.

Recommended By Editor