Brilio. net – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggelar JaKreatiFest 2021 untuk memberdayakan ekonomi kreatif. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual pada 30-31 Agustus 2021 ini sekaligus untuk menanggung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

“Bank Indonesia bakal terus mendukung program pemulihan ekonomi melalui bauran kebijaksanaan yang memperkuat sinergi secara pemerintah dan otoritas lainnya, ” ujar Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi pada acara opening ceremony yang dilakukan secara virtual, Senin (30/8/2021).

Kegiatan ini selalu sebagai flagship yang merangkum kegiatan Karya Kreatif Nusantara, Festival Kopi Nusantara, Hajatan Ekonomi Digital, Fesyar serta Indonesia Shariah Economy Kegiatan. Sejak Maret 2021, Bank Indonesia (BI) telah melaksanakan kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang melibatkan 421 pelaku ekonomi kreatif.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI TERSEBUT


Selain tersebut lembaga keuangan ini selalu telah menyusun Strategi Nasional Pengembangan UMKM serta penguatan sektor pariwisata. Tak ganjil jika kegiatan ini memiliki apresiasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.


“Penyelenggaraan JaKreatiFest dan Jakpreneur tersebut juga adalah bentuk sinergi yang sangat baik, ” ungkap Anies yang meminta agenda JaKreatiFest memberikan hasil nyata terhadap ekonomi DKI Jakarta.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut daftar JaKreatiFest adalah bentuk nafsu terhadap ekonomi kreatif dengan mengalami kelesuan selama pandemi Covid-19.

Sandiaga membaca selama pandemi pertumbuhan zona ekonomi kreatif dan negeri pariwisata melambat. Namun, tantangan ini harus dijadikan peluang untuk memperbaiki sektor parekraf dengan menghadirkan pariwisata serta ekonomi kreatif yang bernas dan berkelanjutan.

“Kami meyakini, DKI Jakarta jadi pusat perekonomian Indonesia telah memiliki basis SDM, infrastruktur, dan ekosistem yang kuat untuk mengembangkan parekraf ke arah yang lebih molek. Terlebih, kegiatan ini membakar pelaku UMKM untuk menunggangi dunia digital dari cara hulu hingga hilir, ” jelas Sandiaga.

Sedangkan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menekankan agar kegiatan ini menjelma pemicu untuk UMKM bertransformasi ke arah digitalisasi.  

“Aspek transformasi digital UMKM tak terbatas menghadirkan platform digital. Namun, juga memastikan asosiasi paham literasi digital untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan dukungan terhadap akses rekan. Kegiatan ini adalah komitmen kita bersama untuk membuat UMKM sebagai pahlawan ekonomi nasional, ” pungkas Teten.

Kepala Kantor Peserta Bank Indonesia DKI Jakarta, Onny Widjanarko berharap meniti JaKreatiFest 2021 dapat menolong kemajuan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM. JaKreatiFest 2021 sendiri mengagendakan dua kegiatan mulia yakni pre-event yang meliputi pelatihan sertifikasi halal, coaching clinic, hingga optimalisasi pemasaran digital melalui marketplace.

Sedangkan main-event menghadirkan praktisi andal dalam sektor pariwisata, ekonomi kreatif, ekonomi syariah, industri tiruan, film nasional, dan ekonomi kreatif lainnya sehingga sanggup memotivasi dan mengoptimalkan kinerja pelaku UMKM.

“Upaya riil lain adalah kalender pengembangan kluster ekonomi, perluasan kemandirian pesantren, pengembangan wisata di Kota Tua dan pariwisata Kepulauan Seribu, bisnis matching antara UMKM serta lembaga pembiayaan, pengembangan halal value chain, dan usaha matching ekspor, ” menguraikan Onny.  

Melalui JaKreatiFest diharapkan perekonomian nasional bisa kembali bergeliat dan UMKM semakin melek digital.

(brl/red)

Recommended By Editor