8-manfaat-oregano-untuk-kesehatan-turunkan-risiko-diabetes-8
Posted on

8 Manfaat oregano untuk kesehatan tubuh, turunkan risiko diabetes

Brilio. net – Oregano adalah tanaman yang umum ditanam dalam kawasan Asia. Biasanya, oregano digunakan untuk campuran makanan seperti pizza dan spaghetti. Oregano bisa membuat makanan menjadi lebih wangi serta beraroma.

Tanaman ini memang punya aroma yang khas. Semakin aromanya kuat, berarti oregano tersebut kualitasnya kian indah. Uniknya, daun oregano biasa memiliki aroma yang bertambah kuat dibandingkan oregano yang masih segar.

Selain mampu menaikkan aroma pada masakan, oregano ternyata juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan lho. Berikut brilio. net rangkum dari healthline dan medicalnewstoday pada Selasa (11/5), 8 manfaat oregano untuk kesehatan tubuh.

1. Antioksidan.

Loading…

foto: freepik. com

Oregano kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang membantu melayani kerusakan akibat radikal selamat berbahaya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kombinasikan oregano dengan makanan antioksidan mulia lainnya. Baik menggunakan buah-buahan maupun sayuran.

2. Positif melawan bakteri.

menjepret: freepik. com

Oregano mengandung senyawa tertentu yang mempunyai sifat antibakteri. Oregano dipercaya bisa membantu memblokir pertumbuhan Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa, dua bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Memiliki sifat anti kanker.

foto: freepik. com

Oregano kaya akan antioksidan. Senyawa ini tidak hanya dapat menetralkan kerusakan kelanjutan radikal bebas, tetapi serupa dapat membantu menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian membuktikan bahwa oregano dan komponennya dapat membantu membunuh sel kanker.

4. Membantu menekan infeksi virus.

foto: freepik. com

Selain melawan bakteri, beberapa studi menemukan bahwa oregano dan komponennya juga dapat menangani tubuh dari beberapa virus. Salah satu kandungan oregano yaitu carvacrol dapat menonaktifkan norovirus, yakni infeksi virus yang menyebabkan diare, mual, dan sakit perut.

5. Mengurangi peradangan.

menjepret: freepik. com

Peradangan ialah respons normal yang berlaku akibat penyakit atau luka. Sementara itu, oregano yang kaya akan antioksidan bisa membantu menetralkan radikal selamat dan mengurangi peradangan.

6. Cocok untuk menu diet.

foto: freepik. com

Tidak hanya untuk taburan pizza dan pasta, oregano juga dapat digunakan jadi campuran menu diet. Cobalah untuk menambahkan daun oregano utuh ke sayuran hijau lain. Buat jadi salad diet yang kaya nutrisi. Bisa juga ditaburkan ke cabai, sup, atau semur.

7. Membantu menurunkan sakit.

foto: freepik. com

Para ilmuwan mengatakan bahwa beberapa orang sudah menggunakan oregano dan minyak oregano buat mengatur kadar gula darah tinggi. Ekstrak oregano dipercaya dapat membantu mengobati diabetes  tipe 1.

8. Menghentikan depresi.

foto: freepik. com

Pengobatan stres serupa bisa dilakukan dari di dalam melalui makanan. Salah satunya dengan perantara oregano. Tingkat stres pada seseorang terlihat semakin menurun dengan pengobatan minyak oregano. Setelah 14 hari, kesehatannya itu pula terlihat berangsur membaik.

RECOMMENDED