Brilio. net – Menikmati suasana malam di suatu wadah memang sangat menyenangkan. Terlebih kalau kamu suka traveling, rasanya tak ingin melewatkan momen kapanpun & di manapun.

Salah satu cara agar mampu menikmati lagi keindahan yang pernah kamu lihat adalah dengan mengabadikannya lewat bidikan kamera.

Jika pada pagi dan siang hari saat matahari masih bersinar, ini bakal sangat membantu. Hasil jepretan kamu tentunya menjadi sempurna.

Namun, dengan jalan apa jika kamu sedang menikmati kecantikan malam hari dan ingin mengabadikannya? Tentu ini menjadi tantangan terpisah. Tak sedikit yang kurang puas dengan hasil gambar yang mereka ambil.


Malam hari kamu akan bertemu pencahayaan yang kurang atau suram. Namun hal itu bisa diatasi lho dengan sedikit lebih kreatif.

Loading…


Berikut tersedia beberapa cara atau trik fotografi yang bisa kamu lakukan agar hasil jepretan saat malam keadaan tetap keren dan kece. Berikut ulasannya dikutip brilio. net dari bervariasi sumber, Selasa (24/11).

1. Gunakan mode manual.

foto: freepik. com

Modus otomatis pada kamera smartphone memungkinkan pengguna mengambil foto dengan cepat, sehingga mampu menangkap saat dadakan dalam sekejap. Sayangnya modus otomatis tidak cocok untuk memfoto pada malam hari.

Untuk menyalahi permasalahan itu, kamu harus beralih ke mode manual. Beberapa smartphone telah dilengkapi mode manual. Jadi kamu bisa membuat pengaturan sebati kondisi sekitar.

2. Manfaatkan night mode.

foto: freepik. com

Memang tidak semua smartphone memiliki night mode, beberapa smartphone yang memiliki fitur ini adalah Google Pixel, Samsung Galaxy S10+ hingga iPhone 11. Nah buat kamu yang beruntung memilikinya, maka jangan lengah untuk menggunakannya agar hasil memotret bisa lebih maksimal.

Night metode bekerja dengan menggunakan kecepatan rana yang panjang (shutter speed dengan lambat) untuk menangkap detail tinjauan sekaligus mengambil lebih banyak terang.

3. Gunakan tripod.

foto: freepik. com

Memotret malam hari cahayanya lebih sedikit, sehingga kamu butuh shutter lambat untuk menangkap cahaya yang jauh lebih banyak.

Tapi, risiko memotret dengan kemajuan lambat adalah gambar buram akibat kamera tidak stabil. Nah, menggunakan tripod adalah solusi terbaik melaksanakan kamera stabil.

4. Capture Motion.

memotret: freepik. com

Memotret zaman malam hari memang butuh sedikit ketelitian dan juga kreatif. Tetapi hal ini bukan berarti menghasilkan kamu sulit mendapatkan hasil foto yang bagus pada malam keadaan. Banyak objek yang bisa awak potret, sebagai contohnya, kamu mampu memotret gerakan atau motion.

Awak bisa memanfaatkan lampu mobil, tata kamera HP dengan long exposure dan memotret jalan yang dipenuhi dengan mobil-mobil yang berlalu lalang. Ada banyak objek lainnya dengan bisa kamu bidik pada malam hari.

5. Manfaatkan flash handphone.

foto: freepik. com

Cara asing yang bisa kamu lakukan merupakan dengan memanfaatkan flash di handphone. Kamu bisa mengoperasikannya dengan cara menaruh kertas di atas flash atau menggunakan filter berwarna untuk variasi yang lain. Hasilnya nyata akan sangat bagus.

6. Gunakan shutter speed yang lambat.

foto: freepik. com

Kamu bisa menukar pengaturan kamera jadi manual, menggunakan shutter speed yang lambat. Semakin lambat kecepatan rana, semakin penuh cahaya yang masuk. Namun, kecepatan rana lambat bisa membuat buatan gambar jadi blur dan shaking. Solusinya adalah dengan menggunakan tripod, monopod, gorillapod, stabilizer, rig, slider dan lain sebagainya.

7. Seleksi tempat-tempat yang tepat.

foto: freepik. com

Ada banyak tempat-tempat mengakui di malam hari. Jika kamu ingin hasil foto yang menawan, coba temukan tempat-tempat yang menguatkan untuk menghasilkan foto bagus biar pada malam hari. Kamu pula bisa memanfaatkan back lighting, hasilnya pasti akan lebih bagus.

8. Edit foto.

foto: freepik. com

Sebelum kamu mengunggahnya ke media sosial, yang perlu kamu kerjakan adalah mengedit foto-foto tersebut biar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi edit memotret yang sudah tersedia di PlayStore maupun iOS.

Recommended By Editor