Brilio. net – Perasaan maupun emosi manusia ialah hal yang rumit, namun beraneka macam. Kadang kala kamu merasa suka, bahagia, sedih, kecewa, kesal, atau bahkan merasa marah.

Nafsu inilah yang sering membuat karakter melampiaskan banyak hal secara terang. Baik marah karena perlakuan seseorang, atau marah akan suatu peristiwa yang tidak memuaskan.

Marah terhadap seseorang biasanya disebabkan karena adanya rasa tidak suka terhadap perilaku, maupun kata lawan bicara. Marah dengan seseorang juga bisa memicu kesumat dan perselisihan yang panjang. Namun marah terhadap suatu hal dengan tidak memuaskan, misalnya karena tahu ketidakadilan yang terjadi, pekerjaan yang tak kunjung usai, dan hal-hal lainnya.

Meski merupakan hal yang dianggap wajar, namun rasa marah juga bisa berubah menjadi petaka. Sebab, bukannya melegakan perasaan, kadang rasa hangat justru menambah masalah.


Ketika marah, biasanya orang tak lagi berpikir jernih. Jadi jangan sampai membuat rasa marah mengabuk dirimu. Ada baiknya untuk meredam emosi dan berlatih sabar.

Loading…


Hal tersebut tak hanya berlaku untuk dirimu sendiri, namun juga untuk orang lain. Ketika menghadapi seseorang yang marah, kamu juga bisa membuktikan menenangkannya.

Zona, sebagai bahan renungan, berikut kata-kata bijak tentang kemarahan yang dihimpun brilio. net dari berbagai sumber di dalam Selasa (7/7).

Kata-kata bijak untuk meredakan mengalami marah.

foto: freepik. com

1. “Amarah tidak menyelesaikan permasalahan, justru akan timbul masalah hangat jika kamu menghadapi suatu permasalahan dengan emosi yang meluap-luap. ”

2. “Banyak kerugian yang terjadi akibat ragam orang yang tidak bisa mengatur diri. Sebenarnya, orang yang tetap marah-marah akan merugi. ”

3. “Jangan biarkan orang lain membuatmu marah had sampai pada titik di mana kamu menjelma menjadi seseorang dengan bahkan kamu sendiri tidak mengenalinya. ” – Abdulbary Yahya.

4. “Jangan barangkali terpancing emosi oleh orang asing. Ketika ada seseorang yang ingin memancing emosimu, sebaiknya berilah senyuman kepadanya. ”

5. “Jangan pernah membuat sepadan keputusan ketika sedang marah, karena air yang mendidih tidak mampu digunakan untuk bercermin. ”

6. “Kemarahan ialah musuhmu. Taklukkan dia, dan jangan biarkan amarah itu mengalahkanmu. ” – Ali bin Abi Thalib.

7. “Lebih baik menangis daripada marah, sebab marah akan menyakiti orang asing, sementara air mata mengalir minus suara melalui jiwa dan menghapuskan hati. ”

8. “Menghadapi masalah dengan mengecap amarah akan sia-sia. Ketika makan, akan sulit untuk mengontrol muncul sendiri. ”

9. “Orang baik juga mampu marah, akan tetapi mereka menekan amarah itu seperti menelan objek dengan cepat. ” – Nouman Ali Khan.

10. “Sabar sesaat ketika sedangkan marah akan menyelamatkanmu dari beribu-ribu penyesalan. ” – Ali bin Abi Thalib.

11. “Tak peduli dia hendak membalas senyummu atau tidak, yang terpenting ialah hal ini menunjukkan kalau kamu tidak terpancing emosi akibat ulahnya. ”

12. “Tenangkan diri sebab amarah akan membuat kamu tak bisa berpikir dengan tenang. ”

13. “Kemarahan tidak menyelesaikan apa-apa karena cuma meningkatkan tekanan darahmu. ”

14. “Ketakutan merupakan jalan menuju sisi gelap. Ketakutan mengarah pada kemarahan. Kemarahan mengarah pada kebencian. Kebencian mengarah di dalam penderitaan. ”

15. “Ketika perasaan sedih, hangat, dan depresi muncul, biarkan perasaan itu mengalir dan biarkan dirimu mengekspresikan emosi dengan maksud tak menyakiti orang lain. ”

16. “Manusia bergaya adalah manusia yang bisa melayani diri saat dikuasai amarah, sepi saat dipermalukan, tersenyum saat diremehkan. ”

17. “Orang sabar bukanlah orang dengan tidak memiliki rasa marah, tetapi orang yang dewasa dan berpengaruh untuk mengendalikan amarahnya. ”

18. “Jangan lekas marah, berbaik hatilah, memaafkan, mengelus. ” – Patricia Meyers

Kata-kata bijak tentang kemarahan dari tokoh dunia.

foto: freepik. com

19. “Di mana ada kemarahan, selalu tersedia rasa sakit di bawahnya. ” – Eckhart Tolle

20. “Marah adalah menggubris dendam kesalahan orang lain di diri kita sendiri. ” porakporanda Alexander Pope

21. “Melepaskan memberi kita privilese, dan kebebasan adalah satu-satunya kondisi untuk kebahagiaan. Jika, dalam absurd kita, kita masih berpegang setia pada sesuatu; kemarahan, kegelisahan, atau harta benda, kita tidak mampu bebas. ” – Thich Khat Hang

22. “Pejuang terbaik tidak pernah marah. ” – Lao Tzu

23. “Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa menggugurkan amarah tidak menenangkan kemarahan; tersebut justru mendorongnya. ” – Susan Cain

24. “Siapapun yang bisa membuatmu hangat, bisa mengendalikanmu. ” – Lamine Pearl Heart

25. “Dia yang membuatmu makan, menaklukkanmu. ” – Elizabeth Kenny

26. “Taklukkan musuh yang marah dengan tak marah, taklukkan yang jahat secara kebaikan, menaklukkan pelit dengan kemurahan hati, dan pembohong dengan mengutarakan yang sebenarnya. ” – Siddhartha Gautama

27. “Jangan sampai matahari terbenam sebab amarahmu. Kemarahan harus dibatasi, elok dalam rasa maupun waktu. ”

28. “Kemarahan hanya berguna pada titik tertentu. Setelah itu, menjadi amarah, dan amarah akan membuat kamu lupa. ” – Lauren Oliver

29. “Adalah bijaksana untuk mengarahkan kemarahanmu ke urusan, bukan orang, untuk memfokuskan energimu pada jawaban, bukan alasan. ” – William Arthur Ward

30. “Berbicaralah zaman kamu marah dan kamu bakal membuat pidato terbaik yang hendak kamu sesali. ” – Ambrose Bierce

31. “Betapa jauh lebih menyedihkan kelanjutan dari kemarahan daripada penyebabnya. ” – Marcus Aurelius

Kata-kata bijak kemarahan untuk renungan.

foto: freepik. com

32. “Boleh saja membicarakan masa lalu, asalkan tidak ada kesedihan dan kemarahan. Itu hanya memberimu serangan jantung. Itu tidak akan mengubah masa lalu juga. ” – Ann Marie Aguilar

33. “Buatlah kemarahanmu begitu mahal sehingga tidak tersedia yang mampu membelinya, dan buatlah kebahagiaanmu begitu murah sehingga karakter hampir bisa mendapatkannya dengan percuma. ”

34. “Tahan kata-katamu ketika kamu bergelora karena kadang-kadang kata-kata yang diucapkan dalam kemarahan meninggalkan bekas luka yang tidak pernah bisa disembuhkan. ”

35. “Hati yang dipenuhi amarah tak memiliki tempat untuk cinta. ” – Joan Lunden

36. “Jangan buang waktumu dalam kemarahan, penyesalan, kekhawatiran, dan dendam. Hidup ini terlalu singkat untuk tidak bahagia. ” awut-awutan Roy T Bennett

37. “Jangan pernah menyikapi orang yang marah dengan reaksi berapi-api, bahkan jika dia cocok mendapatkannya. Jangan biarkan amarahnya menjelma amarahmu. ” – Bohdi Sanders

38. “Jika kamu menendang batu karena hangat, kamu akan melukai kakimu. ” – Pepatah Korea

39. “Jika kamu sabar dalam satu momen kemarahan, awak akan terhindar dari 100 hari kesedihan. ” – Pepatah China

40. “Kemarahan adalah asam yang bisa bertambah merusak kapal tempat ia disimpan daripada apa pun yang dituangkan. ” – Mark Twain

41. “Kemarahan merupakan kependekan dari bahaya. ” – Eleanor Roosevelt

42. “Kemarahan adalah tanda kalau sesuatu perlu diubah. ”

43. “Kemarahan hanyalah kemarahan. Itu tidak baik. Itu tidak buruk. Itu saja. Apa yang kamu lakukan dengannya merupakan yang terpenting. Seperti yang lainnya. Kamu dapat menggunakannya untuk mendirikan atau menghancurkan. Kamu hanya kudu membuat pilihan. ” – Jim Butcher

44. “Kemarahan, kebencian, dan kecemburuan tidak mengubah hati orang lain, tersebut hanya mengubah dirimu sendiri. ” – Shannon Alder

45. “Obat terbesar buat kemarahan adalah penundaan. ” kepala Thomas Paine

46. “Saat marah, hitung datang 10 sebelum kamu berbicara, bila sangat marah, hitung sampai 100. ” – Thomas Jefferson

47. “Tunda kemarahan hari ini hingga besok. ” – Pepatah Tagalog

48. “Untuk setiap menit kamu marah, kamu kehilangan kedamaian pikiran 60 detik. ” – Ralph Waldo Emerson

49. “Kemarahan diawali dengan kegilaan dan akan berakhir secara penyesalan. ” – Ali bin Abi Thalib.

50. “Marah adalah sebuah perasaan yang membuat mulut kalian bereaksi lebih cepat daripada pikiran. ”

Recommended By Editor