Brilio. sarang – Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat itu merambah hampir semua sektor kehidupan, termasuk di bidang otomotif. Maka saat ini bukan hanya ponsel saja yang pintar, kendaraan khususnya mobil juga bisa smart. Jika di smartphone ada aplikasi Om google Maps yang kerap dimanfaatkan buat navigasi, pada kendaraan (mobil) selalu ada yang namanya Global Positioning System (GPS). Nah GPS tersebut ada dua macam yakni GPS navigasi dan GPS tracker.

Biasanya untuk kendaraan baru, GPS navigasi sudah menjadi fitur bawaan. Di mana pada GPS perjalanan sudah dilengkapi peta terunduh dengan berfungsi untuk mencari rute penjelajahan. Fungsinya sama seperti Google Maps.

Sementara GPS tracker berguna untuk melacak letak mobil dan biasanya dipasang dalam tempat tersembunyi pada bagian mobil. GPS tracker sering juga dikenal alat pelacak mobil. Perangkat itu bisa dibilang sebagai alat pendamai yang bisa mengetahui posisi organ kamu. Alat ini cukup efektif dan bisa dihubungkan ke smartphone atau perangkat lain.


Hanya saja, GPS tracker bukan set bawaan ketika kamu membeli mobil. Jadi harus dibeli secara terpisah. Saat ini banyak merek GPS mobil berkualitas, salah satunya GPSKU. Selain mobil, GPSKU juga menyimpan GPS tracker untuk motor dan alat berat yang dijual dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 500 ribuan sudah dilengkapi pelacak dan pengaman anti maling loh.

Loading…


“Pada dasarnya fungsi GPS tracker semua sama, yakni sebagai navigasi penunjuk arah atau letak yang dituju. Menampilkan informasi denah pada layar monitor, juga jadi alat pelacak. GPSKU sebagai salah satu brand GPS mobil utama di Indonesia berkomitmen akan tetap menjaga kualitas produk dan pula menambah teknologi baru lain, ” ujar Muhammad Subhan Aryanto, SEO CEO GPSKU. co. id di dalam keterangan resmi kepada Brilio. sarang, Sabtu (19/9/2020).

Nah buat Sobat Brilio yang hendak memasang alat pengaman berbasis teknologi ini pada kendaraan kesayangan kamu, ada baiknya memilih GPS tracker mobil yang baik. Berikut 5 tips yang bisa membantu kamu memilih perangkat yang mumpuni.

1. Pilih yang punya fitur lengkap

vivint. com

Kendati saat ini banyak GPS tracker di kelas, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu apakah alat tersebut punya fitur tracking system yang lengkap. Usahakan cari GPS tracker yang tidak hanya membenamkan fitur memantau atau melacak kendaraan saja.

Sebaiknya pilih GPS tracker yang memiliki fitur merekam atau memantau rute perjalanan di dalam kurun waktu tertentu. Selain itu cermati apakah ada fitur buat mencatat kecepatan mobil, termasuk pemeriksaan batas kecepatan. Yang tak roboh penting adalah fitur untuk mengeluarkan suara dan mematikan mesin (cut off) dari jarak jauh.  

“GPS tracker harus mampu memonitoring kondisi serta riwayat perjalanan kendaraan, sehingga pemilik kendaraan, khususnya pemilik kendaraan mewah menjadi lebih tenang, ” lanjut Subhan.

2. Cek apakah alat itu punya server sendiri

intellias. com

Nah ini serupa nggak kalah penting. GPS tracker yang memiliki server sendiri tentunya lebih baik. Sebab, produsen GPS tracker itu bakal melakukan pembelaan server agar data pengguna lebih aman.

Keuntungan lain dengan memiliki server tunggal, kinerja GPS tracker lebih sempurna. “Hal lain yang paling istimewa adalah GPS tracker harus anti lemot seperti GPSKU yang memiliki GPS server sendiri di Nusantara, ” tegas Subhan.

3. Sistem monitoring harus bisa dipantau dari bermacam-macam perangkat

joyofandroid. com

Pastikan kamu memilih GPS tracker dengan memiliki user interface baik dan mudah dipahami. Selain itu, pelaksanaan resmi GPS tracker tersebut bisa di-install di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, PC atau laptop.

Dengan juga harus kamu perhatikan apakah GPS tracker tersebut bisa berlaku pada bermacam sistem operasi semacam Android atau iOS. Hal ini lah yang diperlihatkan GPSKU di mana penggunaannya cukup mudah dan mampu diakses lewat berbagai perangkat dan sistem operasi.

4. Bekerja secara real time

hikinggpszone. com

GPS tracker yang baik harus bisa membayangi kendaraan secara real time. Melalui fitur ini, pemilik kendaraan mampu memantau posisi kendaraan detik itu juga. Periksa juga keakuratan pola real time tracking-nya. Disamping tersebut, pengguna harus dengan mudah mengunduh riwayat penggunaan kendaraan.

“Kini dengan GPS tracker, pemilik kendaraan bisa memantau secara real time kondisi kendaraan, lokasinya di mana dan dari mana saja. Meski aktif selama 24 jam, perangkat ini harus memberikan peringatan waktu serta riwayat perjalanan yang tersimpan secara aman, ” ujar Subhan.

5. Periksa tingkat sensitivitas tangkapan satelit

rewiresecurity. co. uk

Sebuah GPS tracker harus andal karena dipasang pada organ yang selalu bergerak. Masalah kepekaan daya tangkap sinyal satelit menjadi sebuah keniscayaan pada perangkat GPS tracker. Jangan sampai perangkat kamu malah tiba-tiba mati karena nggak bisa menangkap sinyal satelit.    

Recommended By Editor