11-makanan-khas-kupang-termasuk-sei-sapi-11
Posted on

11 Makanan khas Kupang, termasuk sei sapi

Brilio. net – Kupang merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Kota tersebut dikenal dengan keanekaragaman kebiasaan, wisata, dan kuliner. Ketepeng dapat menjadi salah kepala destinasi wisata. Banyak miring indah yang akan memanjakan mata serta dapat menghilangkan penat.

Nggak cuma wisatanya dengan indah, kuliner di kota Kupang juga bervariasi. Kamu dapat mencoba cita menemui baru khas Kupang dengan mungkin belum pernah awak coba. Sambil menikmati kecantikan wisatanya, kuliner khas Ketepeng akan memanjakan lidah.

Mungkin kurang orang sudah nggak langka dengan makanan khas Kupang yaitu sei sapi, tetapi makanan khas Kupang nggak cuma sei sapi aja lho.

Berikut 11 makanan khas Kupang yang wajib dicoba, brilio. sarang rangkum lantaran berbagai sumber pada Senin (10/5).

Loading…

1. Jawada atau kue rambut.

foto: Instagram/@nyonggalang

Jawada terdiri dari adonan tepung dengan dicampur dengan gula abang, santan, dan air nira, kemudian digoreng. Teksturnya dengan seperti rambut membuat minuman ini disebut kue rambut.

2. Jagung titi.

foto: Instagram/@jelajahtimur_

Sama seperti namanya, camilan ini berbahan dasar jagung. Bentuknya mirip dengan emping atau keripik jagung lainnya. Rasanya dengan gurih dan asin mau membuat suasana liburan bertambah berwarna.

3. Ubi nuabosi.

foto: Instagram/@lindawati. siedarta

Ubi ini memiliki komposisi berbeda, tidak seperti pada umumnya. Tekstur ubi nuabosi lebih empuk karena tidak banyak serat. Rasanya biar lembut saat dikunyah. Ubi ini biasa diolah menjelma berbagai olahan. Kamu selalu bisa merebus dan lulus memberi sedikit garam.

4. Kacang sembunyi.

foto: Instagram/@dian0503

Hidangan ini bersifat kacang yang dibalut ataupun dilapisi oleh tepung. Lalu diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang sengit dan manis.

5. Jagung bose.

foto: Instagram/@vicky_nawi

NTT memang banyak petani yang menghasilkan jagung. Nggak heran jika di NTT banyak makanan yang berbahan dasar jagung. Contohnya jagung bose. Makanan ini berbentuk jagung yang direbus dan diberi rasa. Kemudian ditumbuk menggunakan lesung hingga manis seperti bubur.

enam. Kolo.

foto: Instagram/@abdzasiiiz

Kolo adalah nasi bakar yang dimasak dalam bahan. Nasi dimasukkan ke di bambu, kemudian diberi penyedap rasa seperti garam & rempah-rempah lainnya. Kolo biasanya dimasak saat ada acara adat besar di NTT.

7. Sambal luat.

foto: Insagram/@alamama519

Sambal itu adalah sambal khas Ketepeng yang biasanya dipakai buat sei sapi. Aroma sambal luat semakin segar karena ditambah kemangi, perasan jeruk, dan daun sipa.

8. Jagung katemak.

foto: Instagram/@jelajahtimur_

Jagung katemak dimasak dengan campuran biji-bijian, kacang-kacangan, dan ditambah daun pepaya. Kemudian direbus tanpa menetapkan ditumbuk. Jagung ini dekat mirip dengan jagung bose.

9. Sambal ikan teri khas NTT.

foto: Instagram/@sambelbogalaku

Bagi kamu pencinta pedas, sambal teri itu sudah sering terdengar. Sambal teri khas NTT ini berbahan dasar tomat, dicampur sedikit cabai rawit supaya rasa pedasnya semakin terasa.

10. Sate kupang.

foto: Instagram/@marioclarence

Sate Ketepeng cocok dinikmati bersama kaum atau keluarga sambil menikmati keindahan Kupang. Sate itu berbahan dasar daging lembu. Rasanya lezat dan sengit.

11. Kue cucur.

foto: Instagram/@dapoer_kang_wae

Kue cucur cukup populer bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Kupang, NTT. Kue itu berasal dari campuran tepung beras, tepung terigu, & gula merah. Bentuknya hampir mirip dengan serabi, tetapi kue ini warnanya kurang kecokelatan yang berasal dibanding gula merah.

RECOMMENDED