Brilio. net – Manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Itu artinya, seseorang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain. Buat itu, agar tidak berlaku perpecahan, hubungan yang dijalin antar manusia pun kudu baik.

Dalam ajaran agama Islam berbuat baik bisa dilakukan kepada siapa biar, kapan pun dan pada mana pun berada. Tersedia banyak amalan kebaikan yang bisa dilakukan. Mulai daripada bersedekah, menolong teman, rajin beribadah, dan masih penuh lainnya.

Jadi manusia, memang tak akan pernah luput dari perangai buruk yang menimbulkan kekhilafan. Namun dengan berbuat kebaikan, dosa masa lalu dengan pernah diperbuat bisa saja terhapus. Jadi, jangan ragu untuk terus berbuat tertib kepada sesama.

Zona, agar kamu terinspirasi buat melakukan amal kebaikan, kamu bisa membaca dan melakoni kata-kata bijak Islami berbuat kebaikan di bawah tersebut. Seperti yang brilio. net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (10/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI ITU


1. “Ketika salah satu dari Kamu menanam pohon, yang buahnya dinikmati semua makhluk, biarlah itu tertulis sebagai amal. ” – Nabi Muhammad SAW


2. “Tidak pernah ada orang yang jatuh papa karena sedekah. ”

3. “Kamu sekali-kali tak akan sampai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan (di jalan Allah) dari sebagian harta dengan kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. ” – (Q. S Ali Imran: 92)

4. “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. ” – (Q. S Al-Baqarah: 276)

5. “Mengucapkan kata-kata yang baik selalu termasuk sedekah. ”

6. “Ketika anak Umat meninggal maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga situasi; 1) sedekah jariyah, 2) ilmu yang bermanfaat, serta 3) anak saleh dengan senantiasa mendoakan orangtuanya. ” – (Hadis)

7. “Apa yang kamu prasmanan akan habis, apa yang kamu beri akan daim. ”

8. “Sedekah tidak sama dengan matematika yang bisa ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali sebab sedekah itu akan berlebihan dan berkali-kali lipat balik kepada kita. ”

9. “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah. ” awut-awutan (HR. Baihaqi)

10. “Ketika engkau bersedekah, tuan bukan sedang menghabiskan kekayaan, tapi engkau sedang mentransfernya untuk dirimu sendiri pada waktu yang akan hadir. ” – (Dr. Muhammad Abdullah al-Wuhaibi)

11. “Tiga manusia adalah sumber kebaikan: Manusia yang mengutamakan diam (tidak banyak bicara), manusia yang tidak melaksanakan ancaman, dan manusia yang banyak berzikir kepada Tuhan. ”

12. “Jangan sekali-kali kamu menganggap remeh kebajikan meski kelihatannya tidak berharga, yaitu seperti masa kamu menyambut temanmu secara menampakkan wajah berseri-seri. ”

13. “Tidak tersedia suatu amal perbuatan biar dalam timbangan yang lebih baik daripada akhlak dengan baik. ”

14. “Pangkal dari semua kebaikan di dunia maupun di akhirat adalah takwa kepada Allah. ” – (Abu Sualeman Addarani)

15. “Ada dua perkara yang jika Anda amalkan, Kamu akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat: Menerima sesuatu yang tidak Anda sukai, jika sesuatu itu disukai Allah. Dan membenci objek yang Anda sukai, bila sesuatu itu dibenci sebab Allah. ” – (Abu Hazim)

16. “Aku belum pernah melihat karakter yang paling lama berduka daripada al-Hasan. Ia berkata, kita tertawa, sementara bisa jadi Allah yang telah melihat amal–amal yang sudah kita perbuat berfirman, ‘Aku tidak mau menerima amal-amal kalian sedikit pun’. ” – (Yunus bin ‘Ubaid)

17. “Seseorang dengan melihat kebaikan dalam bervariasi hal berarti memiliki jalan yang baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran dengan baik mendapatkan kenikmatan di dalam hidup. ” – (Bediuzzaman Said Nur)

18. “Tidak ada kebaikan yang lebih baik selain beriman kepada Allah dan bermanfaat bagi manusia. Tidak ada keburukan yang lebih membatalkan selain musyrik dan merugikan manusia lainnya. ”

19. “Barangsiapa menunjukkan objek kebaikan, maka baginya seolah-olah pahala yang melakukannya. ” (H. R. Muslim)

20. “Orang yang banyak berbuat baik, banyak pulalah temannya. ”

21. “Kebaikan itu banyak tetapi pengamalnya (yang melaksanakannya) kurang. ”

22. “Teruslah berbuat baik, karena itulah yang akan kembali pada kita. ”

23. “Amal terbaik adalah dengan diberikan di bulan Bulan berkat. ” – (Tirmidzi)

24. “Jika Anda melangsungkan perbuatan sedekah secara terkuak, itu adalah baik; Namun, jika Anda memberikannya kepada yang membutuhkan secara sembunyisembunyi, itu akan menjadi lebih baik untuk Anda. ” – (Qur’an 2: 271)

25. “Barangsiapa mengamalkan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat balasannya. ” – (QS. Az-Zalzalah: 7)

26. “Boleh jadi kamu memburukkan sesuatu padahal ia benar baik bagimu, boleh oleh sebab itu pula kamu menyukai segalanya padahal ia amat membatalkan bagimu. Allah mengetahui, medium kamu tidak mengetahui. ” – (QS. Al-Baqarah 216)

27. “Dosaku benar membebaniku. Tetapi ketika ego mengukurnya dengan rahmat-Mu, Sungguh Allah, ampunan-Mu lebih tumbuh. ” – (Imam Syafii)

28. “Datangnya kematian tidak menunggu hingga awak akan menjadi lebih molek. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian. ” kepala (Habib Ali Zainal Abidin)

29. “Tetapi karakter yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang begitu itu termasuk hal-hal dengan diutamakan. ” – (QS. Asy-Syura: 43)

30. “Bicaralah hanya ketika kata-katamu lebih indah daripada keheningan. ”

31. “Tidak masalah orang tidak menghiraukan kebaikan yang kamu lakukan, kasih sayang atau perhatian yang kamu berikan. Dengan terpenting adalah bahwa Allah memperhatikannya. Jangan pernah lupakan itu. ”

32. “Ketika kamu merasa bahwa seseorang butuh bantuan, bantulah mereka tanpa mengharapkan ganjaran apa pun. Allahlah yang membuatmu merasakan kebutuhan orang tersebut. ”

33. “Hidup akan terasa lebih baik ketika kamu bisa membantu orang lain mengulurkan impiannya dan kamu tak mengharapkan imbalan apa pun. ”

34. “Berilah kemudahan dan jangan mempersulit, berilah kabar gembira dan jangan membuat mereka mangkir. ” – (HR Bukhari dan Muslim)

35. “Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya yang lain. ” – (HR Muslim)

36. “Jangan mengakui orang lain dengan buruk karena mungkin suatu hari nanti kamu membutuhkan sambung tangan mereka. Jangan meremehkan sapa pun karena Allah dapat membangkitkan mereka berada dalam atasmu suatu hari nanti. ” – (Dr. Bilal Philips)

37. “Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa dan tanpa tolong-menolong dalam perbuatan cacat dan pelanggaran. ” kacau (Q. S Al-Maidah: 2)

38. “Kalimat pengakuan yang kita ucapkan jadi sesama muslim sudah lulus kuat menjadi alasan untuk kita untuk saling menyayangi dan saling menghormati, apalagi ketika kita sangat tak sepakat. ” (Nouman Ali Khan)

39. “Orang mukmin dengan mukmin dengan lain ibarat sebuah gedung, sebagian menguatkan sebagian yang lain. ” (HR. Bukhari dan Muslim)

40. “Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah kepada Allah, jangan tuan lemah. ” – (HR. Muslim)

41. “Realitas sopan santun adalah hasil dari karakter yang elok. Jadi, tata krama adalah manifestasi dari integritas serta kekuatan dalam kepribadian kerohanian seseorang menjadi tindakan. ” – (Ibnu Rajab)

42. “Jika kamu mengucap syukur, Saya akan meluluskan kamu lebih banyak. ” – (QS. Ibrahim: 71)

43. “Yang terkemuka diantara kamu adalah itu yang memiliki perilaku ulung dan karakter terbaik. ” – (Sahih Bukhari)

44. “Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Tempat melihat hati dan kebaikan kalian. ”

45. “Pemberian yang tidak dikasih dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki. ”

46. “Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu. ”

47. “Hati yang jujur menuntun dunia dan alam baka bergerak membantumu. ”

48. “Jauhilah dengki, sebab dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar. ”

49. “Kebajikan itu adalah tabiat pekerti yang baik, & dosa itu adalah seluruh sesuatu yang menggelisahkan perasaanmu dan engkau tidak rajin bila dilihat orang lain. ”

50. “Janganlah engkau memiliki sifat cemburu hati karena hanya bakal membuat jiwamu gelisah. ”

51. “Hasud (dengki) itu mengunyah kebaikan seperti api makan kayu. ”

52 “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun bila kamu mengingkari (nikmat-Ku), oleh sebab itu sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih. ” – (QS. Ibrahim: 7)

53. “Kamu harus menghargai orang-orang dengan memberimu nasihat dan mengajakmu kepada kebaikan, merekalah nyata yang mendorong kamu menuju surga. ” – (Abu Maryam)

54. “Kesuksesan terbesar yang akan kita ketahui adalah membantu karakter lain sukses dan tumbuh. ”

55. “Mari saling membantu satu persis lain untuk menggapai surga. Jangan menjatuhkan orang asing saat kamu sedang berjaya. Justru sebaliknya, raih lengah mereka dan bantu mereka yang sedang jatuh pada saat kamu berjaya. ”

Kata-kata bijak Islami berbuat kebaikan, menginspirasi.

foto: freepik. com

56. “Hidup bakal terasa lebih baik kala kamu bisa membantu orang lain menggapai impiannya & kamu tidak mengharapkan upah apa pun. ”

57. “Selama kamu masih berdiri, ulurkan tanganmu di orang-orang yang telah anjlok. ”

58. “Salah satu alasan mengapa Tuhan memberikan kekuatan kepada kita adalah agar kita dapat menolong orang lain. ”

59. “Lakukanlah kebaikan sekecil apa pun karena kamu tidak pernah tahu kebaikan mana yang mau membawamu ke surga. ”

60. “Ketika kita menolong orang lain, sebenarnya kita sedang menolong muncul kita sendiri. ”

61. “Allah pasti hendak menolong orang yang membantu (agama)-Nya. Sungguh, Allah Sungguh Kuat lagi Maha Berani. ” – (QS. Al-Hajj: 40)

62. “Dalam hidup ini, jika kamu tak mau membantu sesama, maka kamu bukan benar-benar hidup, kamu hanya bernapas. ”

63. “Bantulah mereka yang membutuhkan sandaran, jangan abaikan karena engkau sendiri yang akan puntung. ”

64. “Apa yang kita lakukan untuk orang lain, suatu saat pasti akan kembali kepada kita. ”

65. “Datangnya kematian tidak menduduki hingga kamu akan menjelma lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah janji. ” – (Habib Ali Zainal Abidin)

66. “Dunia ini ibarat isyarat. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, dia tak punya pilihan selain mengikutimu. ” – (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

67. “Menuntut ilmu ialah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu ialah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. ” – (Abu Hamid Al Ghazali)

68. “Kenyang itu akan mewujudkan badan jadi berat, mengeraskan hati, menghilangkan kecerdasan, meminta tidur, dan melemahkan ibadah. ” – (Imam Syafi’i)

69. “Jagalah salatmu. Karena ketika kamu kehilangannya, kamu akan kehilangan dengan lainnya. ” – (Umar bin Khattab)

70. “Yang indah itu salat, dan yang dekat tersebut mati. ” – (Imam Ghazali)

71. “Apalah artinya kita rajin beribadah bila tidak dibarengi dengan akhlak yang baik. ” – (Aa Gym)

72. “Ada dua hal yang jika keduanya molek pada diri seorang beta, akan baik pula selainnya. Dua hal tersebut adalah salatnya dan lisannya. ” – (Yunus bin Ubaid)

73. “Jika bersantai yang kamu miliki saja tidak bisa membawamu menentang salat, lalu bagaimana awak mengharapkan kakimu itu bakal membawamu ke surga? ” – (Dr Bilal Philips)

74. “Barang siapa yang tidak mensyukuri dengan sedikit, maka ia tak akan mampu mensyukuri segalanya yang banyak. ” kacau (HR Ahmad)

75. “Sedekah membersihkan dosa, seperti air memadamkan api. ”

76. “Yang terkemuka di antara kamu merupakan mereka yang membawa kebaikan terbesar bagi banyak diantara kita. ”

77. “Amal dengan kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman. ”

78. “Amal adalah obat yang efektif dan tindakan orang-orang di kehidupan mereka saat tersebut akan terlihat di kesibukan berikutnya. ”

79. “Amal terbaik adalah yang dilakukan oleh orang sugih. Dan mulailah memberi dengan pertama kepada tanggunganmu. ”

80. “Jika awak ingin berdoa kepada Tuhan untuk kebutuhan hidup dengan lebih baik, maka pertama-tama berikanlah sesuatu dalam pemberian. ”

81. “Tangan di atas yang memberi lebih baik daripada tangan di bawah yang meminta-minta. ”

82. “Sesungguhnya rahmat Allah sangat depan kepada orang-orang yang mengerjakan baik. ” – (QS. Al-A’raf: 56)

83. “Barangsiapa bertakwa kepada Tuhan, maka Ia akan menjadikan jalan keluar baginya serta memberinya rezeki dari ulama yang tidak disangka” kepala (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

84. “Katakanlah (Muhammad), ‘Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu’. ” – (QS. Al-Maidah: 100)

85. “Dan barang siapa mengerjakan kebaikan akan kami tambahkan kebaikan baginya. ” (QS. Asy-Syura: 23)

86. “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit kendati, walau hanya berbicara pada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan. ” – (HR Duli Dawud dan Tirmidzi)

87. “Bagi orang-orang dengan berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) & tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam serta tidak (pula) dalam kehinaan. ” – (QS. Yunus: 26)

88. “Balas dendam terbaik adalah mendaulat dirimu lebih baik. ” – (Ali bin Abi Thalib)

89. “Kita adalah makhluk yang sering menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. ” kepala (Abu Hamid Al Ghazali)

90. “Dunia tersebut ibarat bayangan. Kalau saudara berusaha menangkapnya, ia bakal lari. Tapi kalau engkau membelakanginya, ia tak memiliki pilihan selain mengikutimu. ” – (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

91. “Mempelajari dan mengajarkan Alquran itu bagaikan usaha seseorang pengemis yang berkata pada pengemis lain di mana tempat bisa mendapatkan makanan. ” – (KH. Ahmad Dahlan)

92. “Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya bersekolah, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. ” – (Imam Syafi’i)

93. “Kenali kebenaran, oleh karena itu kamu akan tahu orang-orang yang benar. Benar Tak diukur oleh orang-orangnya, namun manusia diukur oleh fakta. ” – (Ali bin Abi Thalib)

94. “Kesabaran itu ada perut macam: Sabar atas objek yang tidak kau ingin dan sabar menahan muncul dari sesuatu yang kau ingini. ” – (Ali Bin Abi Thalib)

95. “Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Tuhan. ” – (Buya Hamka)

96. “Hiduplah sesuai pohon kayu yang lebat buahnya: Hidup di sembiran jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah. ” berantakan (Abu Bakar Sibli)

97. “Manusia yang berakal adalah manusia yang kerap menerima dan meminta nasihat. ” – (Umar bin Khattab)

98. “Jangan suka menempatkan seseorang di dalam posisinya, tapi tempatkanlah diri saudara terlebih dahulu pada posisi yang benar. ” – (KH. Ahmad Dahlan)

99. “Orang Agama islam sejati adalah yang pasti berdiri pada tempat dengan benar meskipun dunia di keadaan kacau” – (KH. Ahmad Dahlan)

100. “Salah satu pengerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjelma budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah. ” semrawut (Buya Hamka)

101. “Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia kendati lebih banyak dalam meluluskan kepadamu dan lebih adab lembut kepadamu selain Allah. ” – (Umar bin Khattab)

(brl/red)

Recommended By Editor