Brilio. net awut-awutan   Seperti dengan kita tahu, di Korea Daksina drama Korea disiarkan melalui besar saluran TV. Yup, drama Korea ditayangkan melalui TV kabel (channel yang berbayar) dan TV nasional (channel publik). TV kabel dalam Korea Selatan meliputi channel-channel bagaikan tvN, JTBC, dan OCN. Namun channel publik di antaranya mengungkung tiga stasiun besar seperti KBS, SBS, dan MBC.

Drama Korea (drakor) yang ditayangkan TV kabel maupun TV nasional pula sama bagusnya. Contoh drakor TV kabel yang hits antara asing Goblin, Cheese in the Trap, Reply 1988. Sedangkan drakor yang ditayangkan melalui TV nasional kira-kira antara lain ada Boys Before Flowers, Full House, The Heirs. Sama-sama bagusnya bukan?

Meskipun drama Korea yang disiarkan melalui TV kabel sangatlah populer, drama Korea yang memiliki rating tertinggi sepanjang masa hampir segenap berasal dari channel publik. Peristiwa ini karena channel publik mampu dinikmati oleh siapa saja, namun untuk menikmati drama Korea pada TV kabel para penontonnya kudu dikenakan biaya.

Berikut adalah daftar 10 pesinetron Korea di channel publik dengan rating tertinggi sejak tahun 2000 yang wajib kamu tonton, semacam brilio. net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5).


1. Hur Jun.

Loading…


drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@7zxyfh

Drama Korea dengan rating tertinggi ditempati oleh Hur Jun dengan rating sebesar 63, 5%. Disiarkan pada tahun 2000-an, drama ini menceritakan tentang kehidupan seorang dokter di era Joseon. Drama ini dibintangi oleh aktor & aktris seperti JunKwang-ryul, Hwang Soo-jung, dan Lee Soon-jae.

2. Taejo Wang Geon.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Instagram

foto: Instagram/@historical_kdrama_pictures

Taejo Wang Geon merawikan tentang Kaisar Wang Gun dengan merupakan pendiri Dinasti Goryeo. Tayang pada tahun 2000, drama dengan ditulis oleh Lee Hwan-kyung tersebut berhasil mencapai rating 60, 2 %.

3. Dae Jang Geum (Jewel in the Palace).

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@sastridiahayu

Drama Korea dengan rating tertinggi selanjutnya merupakan Dae Jang Geum atau serupa dikenal dengan Jewel in the Palace. Disiarkan pada tahun 2003, drama dengan rating 57, 8% ini menceritakan tentang kisah nyata dari seorang gadis legendaris, Jang Geum, wanita pertama yang menjadi dokter kerajaan tertinggi pada zamannya.

4. Truth.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an koreaboo.com

foto: koreaboo. com

Drama ini menceritakan tentang Lee Ja Young dengan berasal dari keluarga miskin yang tinggal di ruang bawah tanah salah satu teman sekolahnya yang kaya, Lee Shin Hee. Ja Young adalah salah satu anak terbaik di kelasnya, sedangkan Shin Hee adalah siswa yang biasa-biasa saja.

Dalam hari ujian masuk perguruan mulia, keluarga Shin Hee menyuap anak Ja Young agar Ja Young ikut ujian untuknya. Ja Young terpaksa mengambilnya demi masa depan keluarganya. Bergenre romance, drama, serta keluarga, drama yang tayang di tahun 2000 ini meraih rating sebesar 56, 5%.

5. Lovers in Paris.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@kdramanology

Sebagai seorang konglomerasi, Han Gi-Ju (Park Shin-yang) merupakan seorang duda yang bekerja di Paris. Dia meminta Gang Tae-Young (Kim Jung-Eun), yang bekerja jadi pembantu keluarga di rumahnya menjelma pasangan kencannya di sebuah pesta bisnis.

Tae-Young sendiri adalah siswa internasional papa yang mengejar impian ayahnya buat belajar di Paris. Keponakan Han Gi-ju, Yu Soo-Hyeok (Lee Dong-Geon) bertemu Tae-Young secara kebetulan, dan kemudian menaksir padanya. Drama Lovers in Paris berhasil meraih rating sebesar 56, 3%.

6. Rustic Period.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@Smile_SWH

Drama ini mengisahkan tentang kesibukan politisi Kim Doo Han. Kim Doon Han sendiri adalah anak dari jenderal besar Kim Jwah-jin, yang berjuang untuk Korea melayani Jepang selama Perang Dunia II. Rustic Period berhasil mencapai rating sebesar 51, 8%.

7. Ladies of the Palace.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@s0hyunsshi

Tayang pada tarikh 2001, drama Ladies of the Palace menggambarkan pertengkaran para wanita di istana dari masa tadbir Jung Jong hingga In Jong. Drama ini menyuguhkan konflik yang terjadi akibat perebutan kekuasaan. Ladies of the Palace sukses meraih rating sebesar 49, 9%.

8. Jumong.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

memotret: Twitter/@ifaspringcomes

Ditayangkan pada tahun 2006, pesinetron ini berkisah tentang Jumong dengan merupakan pendiri Goguryeo pada tarikh 37 SM. Dia adalah putra Jenderal Hae Mo Su serta Lady Yoo Hwa dan dibesarkan oleh Raja Geum Wa, yang membawanya dan ibunya ketika Hae Mo Su diyakini telah mati dalam serangan oleh Dinasti Han.

Dalam pelaku ini Jumong bertemu dengan Seo No, putri saudagar yang membantunya mewujudkan mimpinya untuk membangun negeri baru, dan kemudian menjadi pedusi keduanya. Jumong meraih rating sebesar 49, 7 %.

9. My Only One.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@kpop_infinitoo

Drama ini bercerita tentang seorang wanita yang kehilangan segalanya. Dia menemukan fakta bahwa karakter tuanya bukanlah orang tua kandungnya dan mereka ternyata adalah pembunuh. Tayang pada 2018 lalu, pesinetron yang dibintangi sederet artis dan aktor seperti Choi Soo-jong, Yoon Jin-yi, Uee, dan Jung Eun-woo ini meraih rating 49, 4 %.

10. Bread, Love and Dreams.

drakor rating tertinggi sejak tahun 2000an Twitter

foto: Twitter/@YoonSiYoonThai

Kim Tak-goo adalah putra tertua Goo In-jong, presiden Geosung Enterprise yang begitu melegenda dalam pabrik kue. Meskipun ia adalah pakar roti yang sangat berbakat & sepertinya ditakdirkan untuk menggantikan ayahnya sebagai presiden, keluarga Goo In-jong berkomplot untuk merampas warisannya sebab ia dilahirkan dari selir In Jong.

Tekad Tak Goo untuk menjadi bagian satu di industri kue mendorongnya untuk membangun kembali kariernya dibanding awal meskipun banyak cobaan yang dihadapi. Drama yang tayang di dalam tahun 2010 ini berhasil mendapat rating sebanyak 49, 3%.

Recommended By Editor